Mengenal Raden Ayu Kartini (Pahlawan Nasional RA Kartini)

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Raden Ayu Kartini (RA Kartini)  atau biasa sering kita sebut R.A Kartini atau ? Ya beliau adalah Pahlawan Kemerdekaan Nasional Republik Indonesia juga penulis kumpulan surat yang berjudul "Habis Gelap Terbitlah Terang".

Hari Kartini adalah hari yang diperingati bertepatan dengan hari kelahiran Pahlawan Kemerdekaan Nasional Raden Ayu Kartini (RA Kartini) pada tanggal 21 April setiap tahun sejak tahun 1964 oleh seluruh bangsa Indonesia.


Sejarah Peringatan Hari Kartini - Pada tanggal 2 Mei 1964 Presiden Ir. Soekarno mengeluarkan Kepres RI No. 108 Tahun 1964 yang memuat tentang penetapan R.A. Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaaan Nasional dan juga penetapan hari lahir kartini 21 April untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar.

Penepatan ini kemudian mengalami perdebatan pro dan kontra di kalangan masyarakat luas. Pihak yang mendukung memperkuat dengan argumentasi bahwa kartini bukan hanya tokoh emansipasi perempuan yang mengangkat derajat kaum wanita indonesia saja, melainkan juga merupakan tokoh nasional. karena cara pikir, ide, dan gagasan Kartini melingkupi perjuangan nasional untuk kepentingan bangsa secara luas.

Pihak yang kontra mengusulkan agar perayakan Hari Kartini dilakukan bersamaan dengan Hari ibu pada tanggal 22 Desember, alasannya adalah supaya masyarakat tidak merasa kartini lebih diperhatikan ketimbang pahlawan perempuan indonesia lain seperti Dewi Sartika, Cut nyak dien dan lainya.

Tujuan peringatan Hari kartini adalah untuk memperingati dan menghormati perjuangan R.A. Kartini untuk mewujudkan kesetaraan kesempatan antara laki-laki dan perempuan di era modern yang secara khusus terutama dalam bidang pendidikan dan secara umum kesetaraan gender di semua bidang. Perayaan ini selayaknya mengandung makna mendalam mengenai emansipasi perempuan dan mengingatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk terus konsisten memperjuangkan keadilan gender. Peringatan Hari Kartini ditetapkan secara resmi melalui Keputusan Presiden Soekarno Republik Indonesia No.108 Tahun 1964 yang ditandatangani pada tanggal 2 Mei 1964 yang didalamnya juga memuat penetapan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Cara memperingati Hari Kartini - beragam cara masyarakat indonesia untuk memperingati hari kartini, seperti diantaranya:

  1. Lomba puisi RA Kartini
  2. Lomba pidato hari kartini
  3. Lomba artikel cerpen Kartini dan yang paling khas adalah,
  4. Memakai pakaian atau baju adat tradisional

Mengapa Hari Kartini identik dengan Baju Adat? - Karena orang dahulu termasuk RA Kartini biasa menggunakan baju adat. Sehingga jika kita merayakan hari Kartini biasanya menggunakan baju adat tradisional untuk menghormati perjuangan kartini
0 Komentar untuk "Mengenal Raden Ayu Kartini (Pahlawan Nasional RA Kartini) "

Back To Top