Macam-Macam Software Akutansi Terbaik

Selamat datang kembali di 4Shared Media - kali ini saya menulis artikel tentang Macam-Macam Software Akutansi Terbaik. Karena Ada banyak sekali software akutansi yang beredar di Indonesia. Dari software yang gratis hingga software berbayar dengan harga puluhan juta rupiah.

Berikut ini adalah Macam-Macam Software Akutansi Terbaik yang telah saya rangkum untuk anda.

1. Zahir Accounting

Zahir Accounting disebut sebagai The Best Business Management Software. Mulai dikembangkan sejak tahun 1997, dan bisa dibilang adalah software akuntansi tertua yang dibuat oleh programmer asli Indonesia.

Zahir termasuk jenis software akuntansi paket custom. Ada berbagai jenis paket yang ditawarkan seperti:

1. Small Business yang cocok untuk usaha kecil dan menengah, 
2. Flexy Trade untuk distributor, Personal/ Standard untuk nirlaba dan jasa seperti yayasan, organisasi, rumah sakit, kontraktor, atau yang berhubungan dengan proyek dan jasa.
3. Enterprise.  untuk skala besar dan kompleks seperti manufaktur. Software ini menyediakan modul e-standar/ spesifik, inventory yang sangat lengkap, bisa dicustom, dan sangat mudah digunakan pada platform windows.

Bahkan kini sudah ada Zahir Online yang dapat diakses secara Online, sehingga Anda tidak perlu lagi menginstall software. Anda tak perlu khawatir dengan keamanannya karena Zahir bekerjasama dengan Amazon Web Service untuk urusan database dan security systemnya.

Harga paketnya bervariasi mulai dari 2 Juta sampai 25 juta untuk versi desktop, sedangkan untuk berlangganan Online harganya mulai dari 500 ribu hingga 900 ribu per bulan. Anda juga dapat menambah user dan custom fitur sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Tampilan Interface Zahir Accounting





Kelebihan Zahir:
  • Mudah digunakan oleh non Akuntan
  • Desain User Interface Menarik dan Mudah Dipahami
  • Faktur dan Laporan dapat Didesain
  • Laporan dapat Diemail dan Diexport ke Berbagai Format
  • Menggunakan Database Client Server
  • Fasilitas dan Kapasitas dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan
  • Berbagai Grafik dan Analisa Bisnis Interaktif
  • Laporan dapat Diklik untuk Melihat Detail Transaksi (Audit / Drill-down)


Kelemahan Zahir:
  • Harga untuk licensinya mahal
  • Tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh, dan biaya2 lain pada akuntansi biaya, sebab biaya per satuan ini merupakan perhitungan alokasi biaya, bukan biaya sesungguhnya.
  • Hanya memiliki satu mata uang.


2. Accurate accounting software




Accurate accounting software di kembangkan sejak 1999 oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft Developer of Accurate Software) dan telah diaplikasikan oleh lebih dari 80.000 pengguna dan beekerja sama dengan lebih dari 30 lebih univer sitas tekemuka di indonesia sebagai mitra pendidikan accurate untuk digunakan sebagai bahan Pembelajaran/ Praktikum.

Accurate Accounting Software merupkan aplikasi pembukuan yang dapat membantu pengusaha melakukan pencatatan pembukuan, transaksi penjualan, pembelian, inventory, dsb. Sera penyusunan Laporan Keuangan hanya dalam beberapa langkah mudah serta cepat dan akurat

Accurate Accounting Software merupakan Program pembukuan perusahaan dalam bentuk Paket Modul lengkap Siap pakai yang terdiri dari General Ledger, Cash/Bank, Inventory, Purchase, Sales, Fixed Asset, dan tersedia Untuk Varian Project dan Manufaktur, Yang bisa diaplikasikan Di berbagai Jenis dan Skalau usaha Kecil menengah bagi perusahaan baik yang bergerak di bidang Trading, Distribusi, Service, atau Manufaktur dan lain sebagainya.

Modul Accurate Accounting Software sudah terintegrasi sehingga setiap Transaksi yang diinput akan otomatis meng-Update yang lainnya. Misalkan terjadi transaksi Pembelian/Penjualan, maka Akan Langsung Menambah/ Memotong Stok persediaan dan Meng-Update Hutang/ Piutang Vendor/Customer apabila Transaksi yang terjadi adalah Transaksi Kredit. Sedangkan pada Transaksi Tunai maka Akan meng-Update Cash/Bank yang Anda Gunakan untuk melakukan Pembayaran/Terima Pembayaran.
Bagi Anda Perusahaan PKP ACCURATE juga Menyediakan Faktur Pajak yang bisa langsung Dicetak saat membuat Invoice di dalam Accurate Accounting Software.

Modul yang disediakan Accurate tidak jauh berbeda dengan Abipro, hanya saja yang menjadi pembeda adalah Accurrate menyediakan Audit Trail untuk jurnal sedangkan Abipro tidak.

Untuk Harga accurate relatif lebih murah dibanding abipro yaitu 11 juta untuk DE dan 30 juta untuk EE namun dengan biaya tambahan sebesar 2.5 juta untuk setiap user yang ditambahkan.

Accurate juga memberikan garansi 30 hari uang kembali untuk paket yang dijualnya. Sayang nya accurate tidak dapat dikustom tapi software ini cocok digunakan dengan platform windows dan linux yang memiliki wine.

Tampilan Interface Accurate Accounting Software: 





Kelebihan:
  • Kelebihan ada pada segi bahasa, karena terdapat pilihan bahasa Indonesia, sehingga lebih mudah dipelajari.
  • Kemampuan modifikasi form dan laporan.
  • Support dengan sistem perpajakan yang berlaku di Indonesia.
  • Multiuser, multi departemen, multi gudang, multi proyek dan multi currency. MYOB v13 belum memiliki fitur multi gudang dan multi currency sehingga Accurate 3.3.0 ini sedikit di atas MYOB v13
  • Sama halnya dengan MYOB dan juga Quickbook, laporan yang sudah dibuat dapat diekspor ke format Microsoft Excel, Notepad, HTML dan PDF.
  • Mendukung fitur reminder dan email. Hal ini juga dimiliki oleh Quickbook.


Kelemahan:
  • User hanya bisa login sebagai supervisor.
  • Hanya bisa membuka database di hard disk drive lokal komputer.
  • Tidak mendapat keistimewaan berupa potongan harga trade in atau major upgrade.
  • Tidak bisa migrasi.


3. JURNAL ID


Jurnal menyediakan layanan software akunting online yang aman dan handal untuk usaha kecil dan menengah di Indonesia.

Dengan menggunakan software akuntansi Jurnal, Anda akan mendapatkan laporan aset secara real-time yang akan menampilkan daftar aset tetap dengan harga perolehan awal, akumulasi penyusutan, hingga nilai aset tersebut.

Jurnal tersedia sebagai layanan yang dapat diakses dari manapun dengan koneksi via internet atau Wifi. Dengan Jurnal, tidak perlu lagi download atau install apapun di komputer Anda. Tidak ada biaya instalasi untuk mulai memakai Jurnal serta dapatkan update gratis secara otomatis dan tanpa perlu kontrak. Anda hanya perlu daftar, login dan mulai mengerjakan pembukuan usaha Anda kapanpun dan dimanapun. Usaha yang memakai Jurnal berjalan lebih baik karena jauh lebih menghemat waktu dalam proses administrasi dan operational.

Jadi dari urusan pembuatan Invoice/Faktur, pengecekan Inventory secara real-time dan online hingga pembuatan Laporan Keuangan perusahaan Anda akan dapat dibuat dengan lebih mudah dan cepat agar Cashflow Bisnis Anda pun dapat berkembang jauh lebih positif.


Terima kasih telah membaca Artikel tentang
Macam-Macam Software Akutansi Terbaik

Jangan Lupa Like FansPage Facebook Kami di 4SharedMedia


0 Komentar untuk "Macam-Macam Software Akutansi Terbaik"

Back To Top