Pengertian Bahasa Pemrograman dan Konsep Dasar Pemrograman


4SharedMedia - Selamat datang kembali di blog saya , kali ini saya akan membahas tentang Pengertian Bahasa Pemrograman dan Konsep Dasar Pemrograman untuk Pemula yang baru mempelajari tentang apa itu bahasa pemrograman, program komputer, serta konsep dasar pemrograman.. Langsung saja simak pembahasan di bawah ini.


Program Komputer adalah sekumpulan instruksi yang dikenal oleh komputer yang disusun secara urut dengan logis untuk dapat menyelesaikan suatu masalah.

Pemrograman dan Bahasa Pemrograman

Pemrograman, Proses meng-implementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Bahasa Pemrograman, bahasa yang dapat digunakan menjadi kumpulan perintah-perintah dasar mengenai penulisan program.

Tingkatan Bahasa Pemrograman, diantaranya adalah:
  1. Bahasa Tingkat Dasar, Contohnya: Bahasa Mesin, Assembly
  2. Bahasa Tingkat Tengah, Contohnya: Bahasa FORTH, Bahasa C
  3. Bahasa Tingkat Tinggi, Contohnya : Bahasa PASCAL, FORTRAN, COBOL.


Penjelasan Tentang Tingkatan Bahasa Pemrograman:
  • Bahasa pemrograman tingkat dasar, sangat sulit untuk di pelajari, karena sifatnya (machine dependent) sangat tergantung pada mesin nya. Untuk menguasai bahasa ini, harus dipelajari dan dikuasai teknologi dan arsitektur komputer, elektronika, matematika diskrit, dll. Bahasa ini masih menggunakan simbol-simbol yang bersifat mnemonic (simbol yang mudah untuk diingat).
  • Bahasa pemrograman tingkat tengah, sifatnya sudah lebih mudah dari pada bahasa pemrograman tingkat dasar, perintahnya sudah lebih mudah di baca karena udah menggunakan huruf-huruf.
  • Bahasa pemrograman tingkat tinggi, bahasa komputer yang sudah mirip dengan bahasa manusia. Perintah-perintahnya sudah dibuat dalam bahasa yang mudah dimengerti manusia, seperti : PRINT, WRITE, IF, THEN, ELSE, dan lain-lain.

3 Konsep Penting dalam Bahasa Pemrograman:
  1. Sintaks adalah aturan gramatikal atau komposisi suatu program yang mengatur tata cara penulisan huruf, angka dan karakter lainnya yang berhubungan dengan struktur bahasa pada bahasa pemrograman. 
  2. Semantik adalah sebuah bahasa yang menggambarkan hubungan antara sintaks dan model komputasi. Singkat kata, semantik ini menjelaskan arti dari program.
  3. Pragmatik berhubungan kemudahan implementasi dan efisiensi. Ini berhubungan dengan peng-kodingan dalam suatu bahasa pemrograman.

0 Komentar untuk "Pengertian Bahasa Pemrograman dan Konsep Dasar Pemrograman"

Back To Top