Cara Penulisan Kode .htaccess Untuk ReWrite URL di Website

Cara Penulisan Kode .htaccess Untuk Rewrite URL

.htacces file
Cara ini sebenernya sangat mudah hanya saja masih banyak yang bingung dan bertanya tanya padahal sudah banyak yang menjelaskannya.
Ada beberapa cara penulisan dalam .htaccess tergantung siapa penulisnya.
Dan berikut ini aku akan menulis dengan gaya penulisan yang biasa aku gunakan.

Misal /view.php?id=ABC ingin jadi /watch?v=ABC 

Kemudian di file view.php ganti semua $_GET[`id`] menjadi $_GET[`v`] 
Contoh lain yang sering ditanyakan adalah bagian search result. Misal /search.php?q=abc ingin di ubah menjadi /lagu/abc maka kode htaccess nya 




Kode ini bisa dikreasikan lebih jauh lagi, misal ingin jadi /search/abc.html 

Atau misal dengan nomor halaman, merubah /search.php?q=abc&page=10 ingin jadi /search/abc/page/10 

Atau mau jadi /page/10/abc maka kode nya 

Terserah mau bagaimana bentuknya, asal susunan nya pas maka akan bisa di buka asal jangan menabrak file yang sudah ada saja. misal ingin hasil search nya /lagu-galau.php ini susah diaplikasikan karena di beberapa webserver mereka tidak bisa merespon karena file asli menggunakan ekstensi php. Kecuali kamu buat /lagu-galau.html maka tidak masalah karena pada dasarkan script grab tidak mempunyai file dengan ekstensi html atau bisa juga jadi /cari/lagu-galau.php jika memang ingin menggunakan ekstensi .php asal didalam filemanager mu tidak ada folder /cari/ ini. Intinya, ModRewrite URL itu hasil link nya haruslah sesuatu yang tidak ada pada asli nya. 

Dan apa sih fungsi dari $1 dan $2 ini? Ini sebagai pengidentifikasi dari letak (.+) jika letak kurungan ini didepan maka dia $1 dan jika nomor dua maka $2 dan fungsi dari (.+) ini adalah teks yang berubah2 alias sesuatu yang tidak tetap. Contohnya seperti keyword itu kan visitor bisa nyari ABC bisa DEF bisa GHIJKL dll yang selalu berubah, jadi digunakan (.+) 

Terkadang ada yang dibikin ribet, misal search.php dibikin search.php (ada tanda miring sebelum titik) mungkin untuk mencegah error. Tapi, jika webserver kalian mampu bekerja tanpa tanda miring ini lebih baik dibuang, karena membuat script yang simpel itu sangat membantu bagi yang masih baru belajar.
0 Komentar untuk "Cara Penulisan Kode .htaccess Untuk ReWrite URL di Website"

Back To Top