Cara membuat database di Microsoft Acces dan Sejarah Microsoft Acces



Cara membuat database di Microsoft Acces
Pengertian dan Sejarah Microsoft Acces





 

Microsoft Access
Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.
            Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.

Sejarah

            Microsoft merilis Microsoft Access 1.0 pada bulan November 1992 dan dilanjutkan dengan merilis versi 2.0 pada tahun 1993. Microsoft menentukan spesifikasi minimum untuk menjalankan Microsoft Access 2.0 adalah sebuah komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows 3.0, RAM berkapasitas 4 megabyte (6 megabyte lebih disarankan) dan ruangan kosong hard disk yang dibutuhkan 8 megabyte (14 megabyte lebih disarankan). Versi 2.0 dari Microsoft Access ini datang dengan tujuh buah disket floppy 3½ inci berukuran 1.44 megabyte.
            Perangkat lunak tersebut bekerja dengan sangat baik pada sebuah basis data dengan banyak record tapi terdapat beberapa kasus di mana data mengalami kerusakan. Sebagai contoh, pada ukuran basis data melebihi 700 megabyte sering mengalami masalah seperti ini (pada saat itu, memang hard disk yang beredar masih berada di bawah 700 megabyte). Buku manual yang dibawanya memperingatkan bahwa beberapa kasus tersebut disebabkan oleh driver perangkat yang kuno atau konfigurasi yang tidak benar.
 Nama kode (codename) yang digunakan oleh Access pertama kali adalah Cirrus yang dikembangkan sebelum Microsoft mengembangkan Microsoft Visual Basic, sementara mesin pembuat form antarmuka yang digunakannya dinamakan dengan Ruby. Bill Gates melihat purwarupa (prototype) tersebut dan memutuskan bahwa komponen bahasa pemrograman BASIC harus dikembangkan secara bersama-sama sebagai sebuah aplikasi terpisah tapi dapat diperluas. Proyek ini dinamakan dengan Thunder. Kedua proyek tersebut dikembangkan secara terpisah, dan mesin pembuat form yang digunakan oleh keduanya tidak saling cocok satu sama lainnya. Hal tersebut berakhir saat Microsoft merilis Visual Basic for Applications (VBA).

MEMBUAT DATABASE “IDENTITAS MAHASISWA”
Database merupakan sebuah bentuk data atau pengolah data yang secara sistematis urutannya, memiliki sifat mudah di update atau dihapus sesuai dengan kebutuhan. Manfaat dari databes contoh, membuat absesnsi online, form online, daftar harga pada scanner market, perpustakaan, dan lain-lainnya. Didalam database itu ada beberapa struktur database seperti :

- Table
- Query
- Form
- Report
- Relation
- dan banyak lagi yang lainnya
Kali ini saya akan membuat tabel S1 Teknik Informatika yang berada di dalam Database IdentitasMahasiswa, berikut langkah langkahnya :

1. Tahap awal kita buka program Ms. Accessnya, lalu buat nama databasenya, lalu klik Create, setelah kita klik create maka akan muncul tampilan lembar kerja pada Ms. Access.
Buat Nama Tabelnya, lalu klik Create



Tampilan Lembar Kerja Ms. Access 2010







2. Setelah terlihat tampilan lembar kerjanya, sekarang kita ubah tampilannya menjadi Design View dengan cara : arahkan kursor ke arah menu View, lalu pilih Design View
Tampilan Design View


3. Setelah memilih tampilan Design View, akan muncul kotak dialog untuk merubah/menyimpan nama table, dan isi nama table nya, sesuai data yang akan kita buat. disini saya membuat tablenya dengan nama "S1 Teknik Informatika"


4. Setelah menyimpan table, sekarang kita akan membuat/mengisi field pada tablenya.
pada bagian table ini ada beberapa bagian struktur seperti, Field Name, Data Type, Description
Tampilan membuat Table

5. Berikutnya isilah bagian field, data type, dan descriptionnya, seperti ini :
catatan: untuk bagian description boleh dikosongkan, karena sebagai penjelasan saja.

6. Setelah kita buat bagian table ini, sekarang kita akan isi bagian tablenya, dengan cara mengubah tampilan viewnya menjadi Data Sheet View dengan cara klik menu View, pilih Data Sheet View.
  
Tampilan Menu View 

Tampilan data Sheet View


7. Sekarang kita isi fieldnya seperti ini :














































Catatan : 
1.      Untuk membuat sebuah Database yang pertama kita harus menentukan Data Type yang di gunakan dalam sebuah Field, Panjang Text/Character terlebih dahulu seperti ini.
0 Komentar untuk "Cara membuat database di Microsoft Acces dan Sejarah Microsoft Acces"

Back To Top