REVIEW TOKO ONLINE DI INDONESIA SEBAGAI MAHASISWA IT



REVIEW TOKO ONLINE DI INDONESIA SEBAGAI MAHASISWA IT

       
Nama              :       Boy Ramdany
NPM                :       51416471
KELAS           :      
1IA01





TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016


Pengertian Online Shop
          Menurut Didit Agus Irwantoko, belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang/jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall (Didit Agus Irwantoko,2012). Maksutnya, tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.

          Hasil survey terakhir (December 2011) menunjukkan bahwa 36% dari seluruh transaksi perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online shop. Diperkirakan 80% dari transaksi online tersebut ternyata dilakukan oleh bisnis online berskala Mikro Kecil (UMK). Omzet dari bisnis online berskala UMK ini mulai dari 2juta per bulan, hingga puluhan juta per bulan, namun karena jumlahnya sangat banyak, maka omzet keseluruhan UMK online mampu mencapai 80% dari keseluruhan transaksi online. (Bonafide Logo, 2012)

          Survey yang dapat menjadi tolok ukur untuk mengetahui kecenderungan konsumen dalam berbelanja melalui online tersebut dilakukan di 25 negara dengan periode antara 5 Desember 2011 hingga 6 Februari 2012. Laporan untuk kawasan Asia/Pasifik—Thailand, Cina, Jepang, Korea, Australia, Malaysia, Selandia Baru, Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Indonesia, Singapura, India, Filipina—juga dilengkapi dengan wawancara mengenai perilaku berbelanja online terhadap 7.373 responden dari 14 negara—catatan: hasil survei dan laporan yang menyertainya tidak mencerminkan kinerja keuangan MasterCard, (DuniaUKM, 2012).

          Di Indonesia sendiri, belanja online atau online shop mulai muncul sekitar tahun 2000 an, dan sekarang toko online sudah menjamur ada dimana mana. Apalagi dengan adanya dukungan media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blog, multiply, tumblr, yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang ingin di jual/di beli. Media sosial inilah merupakan salah satu media yang membuat berbelanja online semakin mudah terjadi.




          Pada awal kemunculannya di Indonesia, berbelanja online hanya di gunakan oleh masyarakat dari kalangan atas, karena berbelanja online membutuhkan komputer, jaringan internet, dan kartu debet untuk melakukan transaksi jual/beli tersebut. Namun seiring berjalannya waktu,  dikarenakan oleh faktor kenyamanan dan kecepatan, sekarang mulai dari ibu-ibu pejabat, sampai mahasiswa/mahasiswi banyak yg memanfaatkan berbelanja dengan online.


Kelebihan Online Shop
          Bisnis Online yang mulai menjamur ini di anggap menjanjikan bagi beberapa pihak. Keuntungan yang di hasilkan juga tak patut di pertanyakan lagi. Tak perlu bermodal ‘toko’ secara fisik untuk mempromosikan barang yang di jual, kita dapat mempromosikan lewat gambar yang selanjutnya di pajang di website atau ‘toko virtual’ milik kita melalui internet.
          Tak hanya memiliki kelebihan dalam segi kemudahan saja, dimana kita tingal meng ‘klik’ saja, menurut Iqbal Maulana, 2012, 7 alasan orang lebih memilih melakukan belanja online atau online shop antara lain :

1.       Hemat Tenaga
          Belanja secara online juga dapat menghemat tenaga. Anda tak perlu repot mengantre di kasir pembayaran. Belum lagi jika toko yang dikunjungi ramai pembeli, Anda juga akan menunggu untuk dilayani oleh penjaga toko tersebut. Sedangkan jika belanja melalui onlie, Anda bisa 'melayani diri sendiri' dengan cepat tanpa harus menunggu waktu lama.

2.       Mengurangi Rasa Lelah
          Untuk pergi ke mal Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk naik angkutan umum atau mengendarai kendaraan pribadi. Apabila Anda berbelanja secara online, Anda bisa berbelanja sambil duduk-duduk santai atau tiduran di atas tempat tidur. Bisa juga sambil menonton tv.

3.       Tidak Repot
          Jika memang ingin berbelanja banyak, Anda tak perlu repot membawa kantong belanjaan yang menumpuk. Karena jika berbelanja melalui online, Anda hanya tinggal menunggu barang-barang yang dibeli dikirim ke rumah.

4.       Mudah Membandingkan Harga
          Daripada menyusuri mal dari satu toko ke toko lainnya hanya untuk membandingkan harga baju yang diincar, lebih baik Anda membandingkannya melalui online shopping. Umumnya situs online shopping menjual barang yang sama dengan situs onle shopping lainnya, namun harganya bisa saja berbeda.

5.       Tidak bertatap muka
          Belanja online juga memang di lakukan melalui internet , banyak orang yang memang mencari online shop agar tidak bertatap muka kepada penjualnya, salah satunya faktor malu , semisal saja Anda ingin membelikan istri Anda lingerie , pasti Anda malu jika harus masuk ke yang jual lingerie di pusat perbelanjaan bukan ?

6.       Hemat Waktu
          Belanja online juga dapat menghemat waktu Anda tanpa harus macet-macetan di jalan. Tentu saja Anda bisa berbelanja hanya dengan waktu beberapa menit. Sehingga waktu tak banyak terbuang dan masih bisa melakukan aktivitas lainnya.

7.       Nyaman
          Kenyamanan juga menjadi salah satu faktor mengapa lebih baik belanja secara online. Anda bisa berbelanja kapan saja sesuka Anda, meskipun tengah malam sekalipun.

Kekurangan Online Shop
          Ada juga sebagian masyarakat yg masih takut untuk melakukan belanja secara online. Sebagian orang takut untuk membeli barang secara online karena menganggap barang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya, serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat gambar, dan mengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah melakukan transfer sejumlah uang tertentu.

          Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim. Walaupun masih banyak orang yang masih ragu dengan berbelanja online (online shop), tetapi karena alasan kenyamanan, mereka yang memutuskan untuk mencoba belanja online bertambah sangat cepat. Terlihat dari banyaknya toko online di jejaring social media seperti facebook dan twitter.



Analisis Pengembangan Bisinis Online

         Membangun sebuah komunitas adalah sangat penting untuk pengembangan bisnis online shop, seperti mencari pertemanan, kolega, rekan bisnis, sesama penggemar di mana dibentuk dalam satu wadah khusus. Komunitas sederhananya adalah untuk membangun sebuah kelompok yang mempunyai kesamaan visi dan misi.

          Kelompok tersebut akan menjadi besar jika ada aktivitas rutin, diskusi, forum, atau tanya jawab seputar kegiatan yang akan kita bentuk misalnya Asosiasi Properti yang membahas masalah properti seperti apartemen, penthouse dan perumahan.

          Komunitas online shop bisa kita bentuk melalui website seperti forum atau yang lebih sederhana menggunakan mailist, atau yang sedang trend saat ini menggunakan facebook. Komunitas offline anda bisa mengadakan home meeting / home sharing yang bisa secara rutin Anda lakukan di group Anda.

          Jika Anda bisa membangun cara ini, maka group Anda bisa menjadi kokoh dalam waktu yang relatif singkat, karena pertemuan seperti itu bisa menciptakan sebuah loyalitas dalam sebuah kelompok atau group.

          Cara ini sangat ampuh jika kita gunakan untuk mengembangkan bisnis online shop, walaupun dengan berbagai kelemahan dan kelebihannya bisnis online masih banyak menuai kontroversi, karena banyaknya korban berjatuhan.

           Dengan adanya komunitas bisa mengurangi korban korban baru dan bisa memperbaiki citra bisnis online shop dan memberikan keuntungan khusus Diskon Barang Asosiasi dari sebuah komunitas tersebut Demikian juga dengan MLM atau Network Marketing, inilah bisnis yang sangat kontroversi, paling dibenci sekaligus di cari.

          Apapun pendapat Anda bisnis ini paling banyak menciptakan jutawan atau milyuner dalam waktu yang relatif singkat dan dengan modal yang sangat minim.

          Di bisnis ini anda wajib punya komunitas yang loyal, jika anda ingin disebut sebagai leader sejati Anda harus memiliki syarat utama, seperti citra yang baik (bukan kutu loncat), mempunyai pemahaman yang baik ttg bisnis ini, mempunyai pribadi yang santun dan suka membantu, dan pada akhirnya banyak orang yang percaya dengan kredibilitas anda.

          Membangun komunitas di network marketing perlu waktu yang relatif lama, perlu pembuktian, dan perlu pelayanan yang lebih dari Anda.
Jika itu tidak dilakukan maka tidak lama kemudian jaringan Anda akan mati perlahan lahan, dan anda akan gagal. 

Kesimpulan
1. Online shop merupakan salah satu sarana yang   mempermudah kita dalam proses pembelanjaan dan pemesanan barang apapun.
2. Online shop memiliki manfaat yang baik bagi kehidupan manusia.
3. Selain dampak positif, shopping online memiliki dampak yang buruk
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.  Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet.
      Tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.

          Tetapi, barang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya, serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat gambar, dan mengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah melakukan transfer sejumlah uang tertentu. Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim.

Saran
         Sebaiknya jika hendak melakukan transaksi didalam shopping online, kita harus lebih berhati-hati guna untuk mencegah terjadinya penipuan. Kita harus mencari tahu terlebih dahulu sumber-sumber yang berkaitan dengan barang tersebut. Hal itu dilakukan agar penipuan-penipuan yang terjadi dalam transaksi shopping online dapat berkurang dan transaksi shopping online dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Dan dalam berwirausaha harus memiliki keinginan yang kuat dan menerima segala resiko yang ditempuh . Bahwa untuk memulai bisnis tidak seperti sulap, nikmati saja prosesnya ,pegang teguh komitmen dan fokus, jangan berhenti menggali, karena emas ada satu jengkal lagi. Upaya pengembangan usaha harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang diperlukan. Semakin banyaknya penciptaan lahan usaha maka akan mengurangi pengangguran di dalam negeri.


Daftar Pustaka





0 Komentar untuk "REVIEW TOKO ONLINE DI INDONESIA SEBAGAI MAHASISWA IT"

Back To Top