Macam-macam Aplikasi Server

  • Web Server
           Web Server atau Server web merupakan sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.  
  Jadi, pada dasarnya web server hanyalah sebuah perangkat lunak yang bisa saja berada di komputer apapun dengan spesifikasi apapun

 Beberapa diantaranya yang cukup banyak digunakan adalah Apache Web Server, Internet Information Services (IIS), Xitami, PWS, dsb.
Bagaimana Cara Kerja Web Server?
Lalu bagaimana prinsip atau cara kerja web server itu sendiri? Cukup sederhana untuk dipahami, karena pada dasarnya tugas web server hanya ada 2 (dua), yaitu:
1. Menerima permintaan (request) dari client, dan
2. Mengirimkan apa yang diminta oleh client (response). 
  •  Proxy Server
     Proxy server adalah adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.
proxy server dapat membantu client mempertahankan privasinya didalam mengakses internet. Proxy server juga memiliki pengertian adalah suatu server yang bekerja pada suatu layer aplikasi didalam jaringan internet atau intranet (Anonim,2009).
Cara kerja proxy server adalah client yang tersambung dengan proxy server dan meminta layanan tertentu seperti file, koneksi, akses web page, ataupun lainnya. Proxy server yang digunakan akan mengevaluasi permintaan layanan tersebut sesuai dengan aturan filternya. Sebagai contoh, proxy server dapat menyaring traffic berdasarkan IP (Internet Protocol) address. Jika permintaan itu divalidasi oleh fiternya, maka proxy akan menyediakan apa yang diminta dengan menyambung ke server yang diminta dan meminta layanan dari server tersebut untuk clientnya
Kegunaan dan fungsi dari proxy server adalah untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik dan sebagai firewall
ada 3 fungsi utama dari proxy server yaitu :
*Connection Sharing
*Filtering, dan *Caching terhadap web server yang di request oleh client

  •   Database
    terapan untuk membuat management database
  • Mail Server
    Adanya layanan e-mail sehingga memudahkan dalam komunikasi, mengirim laporan, tugas, dll.
  • NPN
    koneksi yang aman antara 2 bagian dari sebuah jaringan pribadi yang digunakan pada sebuah jaringan publik seperti internet untuk mengurangi biaya operasilonal.
  • IRCD ( Internet Relay Chat Development )
    Software yang dikembangkan untuk keperluan komunikasi antar komputer yang terhubung ke internet
  • PHP Server Monitor
    Script yang memeriksa apakah server pada daftar dan berjalan pada port yang dipilih.
  • POP3 ( Post Office Protocol version 3 )
    Protocol yang digunakan untuk mengambil e-mail dari e-mail ke server
  • SNMP ( Simple Network Management Protocol )
    Protocol yang dapat digunakan untuk melakukan management jaringan
    SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) Protocol untuk mengirimkan data dari komputer pengirim e-mail ke server e-mail penerima.
  • FTP Server
    protocol jaringan standar yang digunakan untuk menyalin file dari 1 host ke host yang lain melalui jaringan TCP/IP, seperti internet


1 Komentar untuk "Macam-macam Aplikasi Server"

kalau aplikasi server wan itu apa aja?

Back To Top