Disk Operating System (DOS)

Disk Operating System (DOS) - Sistem Operasi yang menggunakan disk disebut DOS, kalau Sistem Operasi menggunakan Pita Magnetik sebagai medianya disebut Tape Operating System. Setiap Komputer harus punya Sistem Operasi atau OS. 


DOS di kembangkan pada tahun 1981 oleh Microsoft. DOS sering disebut jga sebagai MS-DOS, dirancang untuk Komputer IBM PC, Windows 98 dan 2000. Keduanya mendukung perintah DOS utk mengatasi dan mengurangi masalah kompatibilitas dengan aplikasi yang lebih tua.
DOS merupakan kumpulan dari perintah dan program yang digunakan utk mengatur keseluruhan operasi komputer pada sistem yang berbasis DISK.




Program DOS biasanya bekerja di belakang layar (tidak terlihat) dan mengijinkan pengguna utk memasukan karakter dari keyboard, mengenali struktur file utk data yg tersimpan pada disk, dan menampilkan data melalui monitor atau printer.

DOS dapat berguna sebagai PERANGKAT PENOLONG ketika Windows tidak dapat dijalankan dengan baik dan dapat mengakses hard drive tanpa GUI

Berikut ini merupakan Properti yang dimiliki oleh DOS , Yaitu :
 
1. Merupakan perangkat yang esensial utk praktisi IT dan digunakan utk melakukan pemecahan masalah
2. Merupakan sistem operasi dengan barisan perintah dan tidak user-friendly. Cara terbaik utk mempelajari DOS adalah dengan menggunakannya.

3. Hanya dapat menjalankan 1 Program pada satu waktu karena tidak mendukung Multitasking.

 
Terdapat 3 bagian utama yg Membangun Disk Operating System (DOS) yaitu:


  1. File Boot: File ini digunakan pada saat proses boot pada DOS atau proses StartUp pada sistem
  2. Manajemen File: Bagian ini memungkinkan sistem untuk mengatur datanya dalam suatu sistem file dan folder. 
  3. File Utility: Bagian ini memungkinkan pengguna mengatur Resources dari sistem, melakukan Troubleshooting sistem, dan mengkonfigurasi sistem. 
0 Komentar untuk "Disk Operating System (DOS)"

Back To Top