Cara Mengedit Template html di blog

Cara Mengedit Template HTML di BlogBlogger adalah sebuah web yang menyediakan layanan blog secara gratis untuk memberikan ke leluasaan bagi para user(pengguna) untuk mengedit tampilan dan fungsi website blogger nya. Blogger ini berplatform HTML/XML dgn di dukung tampilan CSS dan fungsi javascript sehingga mempercantik tampilan web blog kita. Lalu ada nya fitur edit template HTML didalam menu dashboard blogger, kita dapat dengan mudah melakukan desain halaman, penambahan fitur widget, dan lain-lain.


Fitur Edit HTML Blogger dapat diakses melalui dashboard > design/rancangan > Edit HTML.
dengan catatan anda harus masuk (login kedalam akun google dan masuk ke halaman blogger). Kebanyakan pengunjung khususnya newbie (awam) mengeluh karena gagal memasukkan script tambahan, tidak bisa menemukan kode kode tertentu seperti di tutorial, bahkan ada pula yang template website nya berantakan karena salah edit template HTML nya.

Cara Mengedit Template html di blog ini saya buat untuk orang awam yang baru memulai blog dari awal dan memberi masukan serta ide dalam melakukan editing Template HTML agar hasilnya sesuai dengan yang di inginkan. Semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat.

Pertama, Anda harus Memahami elemen dasar dari Template blogger/blogspot. Ini sangat penting,

Ada 5 Elemen penting pada template Blogger yang hampir sama dengan elemen dasar web HTML pada umumnya:
  1. TAG HTML yg menandakan bagian dari keseluruhan halaman, diawali dengan dan diakhiri dengan . Khusus untuk tag-tag XML, untuk template Blogger dan HTML editor setelah tahun 2007, selalu diakhiri dengan /, contoh: seperti ini <>  </>. 
  2. Head Tag, Bagian dari ke seluruhan head halaman, di dalamnya dimasukkan aturan-aturan yang mengatur banyak hal, termasuk tampilan (CSS), diawali dengan <head> diakhiri dgn </head> 
  3. Body Tag, seluruh kode2 tag html diletakan didalam body tag. di dalamnya terdapat konten inti halaman, termasuk pula widget-widget yang menjadi bagian dari isi halaman, diawali dengan <body> diakhiri dgn </body> dan diakhiri dengan .  
  4. CSS, elemen pengatur tampilan halaman, baik dari segi warna, font, posisi, lebar luas, dan masih banyak lagi. Letaknya diantara <b:skin><![CDATA[ dan ]]></b:skin> dan berada pada bagian head. Pada beberapa kasus kode CSS juga dimasukkan tepat di atas </head> sebagai aturan tambahan. 
  5. Javascript, merupakan elemen yang sebenarnya mengandung software (web widget) yang berisi perintah-perintah tertentu. Biasanya digunakan untuk memasukkan elemen tambahan seperti popular post, auto readmore, dan sebagainya.
Setelah anda memahai 5 elemen penting pada HTML selanjutnya Cara mengedit template html di blog:
  1. Silahkan Anda cari atau download template xml untuk blog gratis yang tersedia di google
  2. Jika sudah download template xml, masuk ke dalam menu dashboard > Tema/design/rancangan > Backup/Pulihkan.
  3.  Lalu Upload file template XML nya , kemudian terapkan. Selesai.
  4. Jika ingin merubah2 silahkan edit htmlnya otak atik sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. 
  5. untuk header dan widget biasanya ada di menu Tata Letak dashboard bloger
0 Komentar untuk "Cara Mengedit Template html di blog"

Back To Top