Monday, 8 April 2013

10 Software Web Design dan Bahasa Pemrograman Web.

1. Expression Web Design Menu 1.0

Expression Web Menu Adalah sebuah web design tool untuk membuat web DropDown Menu. Anda hanya tinggal menseting jumlah tombol beserta sub itemnya, teks, link target, dan beberapa parameter lain. Di program ini sudah tersedia banyak template, yang terdiri dari 500+ button, 100+ sub menu design, 6600+ icon, dan 100+ sample.

2. Atrise Web Design HTMLock 2.2.0

Atrise HTMLock adalah sebuah software komputer untuk membuat proteksi password pada teks file dan HTML file. Dengan HTML tool ini Anda juga bisa membuat encrypt HTML untuk kemudian ditempatkan pada website, CD, DVD, bahkan harddisk. Free software ini berbasis JavaScript sehingga bebas digunakan dimana saja tanpa perlu database. User-Friendly wizard-nya sangan membantu Anda untuk mengenkripsi HTML dan text files dalam beberapa kali klik.

3. ZoloPages 1.33

 Zolopages adalah program yang berfungsi meng-capture data di web page lalu menyimpannya dalam format database. Program ini berguna jika kita hendak mengambil dan menyimpan data dari situs-situs direktori seperti Yellow Pages.

4. RBT 1.3.1

RBT adalah sebuah browser seperti internet explorer 9 atau mozzila firefox, tetapi browser ini berbasis PHP query yang ditenagai J2EE technology. Program ini berguna jika Anda ingin membuat desain web berbasis community yang memiliki banyak user. Dengan software ini Anda bisa mengatur security setup untuk user/group access serta  mengontrol tabel & kolom databasenya.

5. Free Colored ScrollBars 2.2

Free Colored ScrollBars adalah sebuah tool pembuat JavaScript code dan CSS Style untuk membuat animated scrollbars pada website. Program ini disertai 44 theme warna dan template yang dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan penggunanya.

6. Sigma Visual Ajax GUI builder 2.02web design

Sigma Visual adalah web based tool untuk aplikasi Ajax. Dengan tools ini, programmer dan developer bisa membuat website seperti yang biasa dilakukan dalam VB atau Delphi. Program ini juga mensupport code highlight dan syntax checking.

7. eMule Ultra Accelerator 2.8.9

Fungsi eMule Ultra Accelerator mirip dengan Internet Download Manager. Program gratis ini berfungsi untuk mempercepat proses download file dengan memaksimalkan kapasitas bandwith koneksi yang Anda miliki.

 8. AAA Web Album 2.10

AAA Web Design Album adalah softare untuk menciptakan web photo albums lalu menguploadnya ke website. Web designer juga bisa membuat berbagai tampilan web album tersebut.

 9. Pixel Ruler 2.0.2

Sesuai dengan namanya, Pixel Ruler berfungsi sebagai penggaris untuk mengukur panjang objek di monitor secara vertikal dan horisontal dalam satuan Pixel. Tools ini sangat berguna bagi web designer yang berkonsentrasi pada pembuatan template.

10. CoffeeCup Free HTML Editor 9.4

Fungsi CoffeeCup Free HTML Editor sangat mirip dengan Adobe Dreamweaver yaitu untuk mengedit file html dan PHP hingga membuat website secara komplit. Cara design web yang ditampilkan CoffeeCup cukup praktis. Selain gratis, free software ini juga jauh lebih ringan dari pada dreamweaver serta sudah mensupport HTML 5.0 dan CSS 3.0.

 

Sekarang kita coba untuk mengenal beberapa bahasa pemrograman web. Antara lain adalah sbb:

1. HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox, Microsoft Internet Explorer dll. 


2. PHP
kalo bahasa anak muda sekarang PHP = (Pemberi Harapan Palsu) , tapi kali ini bukan itu maksudnya, ialah Personal Home Page (PHP) adalah bahasa pemrograman Script yang paling banyak dipakai saat ini.

PHP pertama kali dibuat oleh
Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).

3. ASP

ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.
ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh
Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.
4. XML
Extensible Markup Language
(XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data.
XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.
5. WML
WML adalah kepanjangan dari
Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (Extensible Markup Langauge). WML adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless.
WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.

6. Perl
Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.
PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.

7. CFM
CFM dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio. Syntax coldfusion berbasis html.

 8. Javascript
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client.
JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.

9. CSS
Cascading Style Sheets (CSS)
adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup.
Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

3 komentar:

  1. sama2 gan Terimakasih sudah mengunjungi website saya ^,^

    ReplyDelete
  2. gan ijin copas buat tugas sekolah

    ReplyDelete